Sabtu, 16 Januari 2010

PERMAINAN MENARIK DAN MENYENANGKAN

KALIMAT TOYIBAH
Ruhiyah
Standar kompetensi
Membiasakan anak dengan kiamat thoyyibah
Kompetensi dasar
Ø memahami nilai-nilai dlam aktifitas sehari-hari
Indikator
1. siswa dapat melafadzkan kalimat toyibah sesai dengan kejadian yang dialami
2. siswa mampu menyebutkan 3 contoh tanda –tanda kebesaran Allah











A. Pengertian Kalimat Toyibah
Sering kita mendengar kalimat toyibah. Sekarang apa pengertian kalimat toyibah? Kalimat toyibah adalah kalimat yang baik yang baik yang dicontohkan Rasulullah. Dalam kehidupan sehari-hari kalimat yang baik sangatlah penting, karena dengan berkata-kata yang baik, maka orang disekeliling kita akan senang, sebaliknya jika orang memililki ucapan dan perkataan yang buruk maka orang akan benci dan menjauhinya.
Orang yang berkumpul dalam suatu tempat dianjurkan untuk membiasakan menucapkan kata-kata yang baik, dan berdzikir pada Allah ta’ala. karena majlis yang tidak ada dzikir berarti terputus dari rahmat Allah.
مَنْ قَعَـدَ مَقْـعَدًا لَمْ يَذْكُرِ اللهِ فِيْـهِ كَانَتْ عَلَيْـهِ مِنَ اللهِ تِرَةً
”Barang siapa duduk disuatu majlis dan tidak berdziki pada Allah di dalamnya maka ia terputus dari rahmat Allah” (HR Abu Dawud 5/342)












B. Dzikir-Dzikir Ketika Safar
Kalian pasti pernah melakukan, atau penjelajahan. Perjalanan tidak harus ke gunung, pantai, sungai dan lain-lain. Akan tetapi kalian perjalanan di sawah, kebun ke rumah kakek atau kerumah teman itu bisa disebut penjelajahan. Hanya saja tempat yang paling bagus untuk penjelajahan adalah persawahan, pegunungan, daerah pantai dan di alam bebas, karena udara masih segar dan pemandangan lebih indah.










Selama perjalanan kalian akan menemukan berbagai kejadian. Ada yang menyenangkan, mengagumkan, menyedihakn dan sebagainya. Oleh karena itu pada Bab ini kita akan membiasakan dzikir dan kalimat thoyyibah.
Pertama, ketika perjalanan pernahkah kalian melihat sesuatu yang mengagumkan? Pernah melihat gunung yang tinggi? Jurang yang dalam?. Jika kalian melihat tempat-tempat tersebut apa yang kalian ucapkan?. Rasulullah mengajarkan kepada kita ketika melihat sesuatu yang mengagumkan maka dianjurkan mengucapkan:
سُبْحَـانَ اللهُ”Maha suci allah”
اللهُ أَكْبَر Maha besar Allah"

Kedua, pernahkah kalian di kejutkan oleh teman kalian dari belakang, atau mendengar sesuatu yang keras sehingga membuat jantung berdetak cepat?. Rasulullah memberi contoh ketika ada orang yang terkejut hendaknya ia mengucapkan;
لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهِ
”Tiada Ilah selain Allah”
Ketiga, selain kalimat thoyyibah di atas ada kalimat yang hendaknya kita biasakan; yaitu ketika melewati jalan yang turun diucapkan :
سُبْحَـانَ اللهُ”Maha suci allah”
dan ketika melewaji tanjakan hendaknya mengucapkan :
اللهُ أَكْبَر Maha besar Allah
C. Tadabbur Alam
Selama- belajar di sekolah dasar apakah kalian pernah mendengar istilah tadabbur alam?. Istilah ini kadang disebut kegiatan pencinta alam. Bisanya kegiatan ini dilakukan dengan mendaki gunung, menyusuri pantai, berkemah di alam bebas dan lain sebagainya.



Tadabbur alam merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Mengapa demikian? Karena selama mengikuti tadabbur alam kita akan dilatih bagaimana jauh dari orang tua, hidup dengan alam, dituntut untuk dapat bekerja sama dengan teman-teman yang sebagian sudah dikenal dan sebagian belum dikenal. Biasanya ketika awal kegiatan kita akan merasa takut, cemas, senang, bingung dan lain-lain. Akan tetapi setelah mengikuti kegiatan ini akan merasa senang, gembira seingga kegiatan tadabbur alam ini sangat berkesan.
Sebelum melakukan hidup Tadabbur alam hendaknya kita mempersiapkan bekal selama kegiatan. Adapu hal-hal yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:
1. Ransel yang terbuat dari bahan parasut. Semua peralatan dan perbekalan sebaiknya bisa masuk ke dalam ransel.
2. Kantung tidur atau sleeping bed berfungsi untuk mengilangkan rasa dingin, sekaligus agar tubuh kita bisa kembali normal setelah bangun.
3. Jaket yang baik untuk berkemah atau tadabbur alam adalah jaket yang memiliki lapisan penghngat.
4. Sepatu umumnya bermodel tinggi dan menutup engkel kaki, sementara itu, sol sepatu yang pas adalah yang tebal.
5. pakaian yang dibawa secukupnya dan yang baik adalah yang terbuat dari campuran katun dan sintetis, sehingga menyerap keringat akan tetapi segera kering jika dijemur.
6. Jas hujan berfungsi untuk melindungi tubuh dari hujan.
7. Peralatan makan dan memasak, seperti piring, sendok, panci ketel dan sebagainnya.
8. Peralatan mandi seperti sabun, siwak(atau sikat gigi), sampo dan sebagainya.
9. Tenda sebagai temaap istirahat.
10. Lampu dan senter. Lampu dan senter merupakan sarana penerangan yang paling utama selama Tadabbur alam.
11. Membawa kompas, kompas merupakan peralatan yang paling penting selama kegiatan Tadabbur alam.
Peralatan di atas harus kita persiapkan dengan sebaik-baiknya. Oleh kerena itu mintalah kepada abi dan umi untuk membantu dalam mempersiapkan perlalatan tesebut. Semakin baik persiapan insyaallah Tadabbur alam dapat berjalan dengan baik sesuai dengan rencana.

Tugas portovolio
1. Tulislah cerita tentang pengalamanmu ketika rihlah(rekreasi) kesuatu tempat yang indah. Paling sedikit satu lembar buku tulis
2. Bacalah ceritamu di depan teman-temanmu sekelas
3. Apa yang paling berkesan dari cerita yang kamu tulis?

Game I

Bercermin
Tujuan : belajar memahami sesuatu dan menanggapi dengan cepat.
Tempat : dapat dilaksanakan luar dan dalam kelas
Waktu : kurang lebih 10 menit
Jumlah : tidak terbatas, tapi paling baik di bawah 15 anak
Alat : tidak menggunaka alat dan bahan.

Cara melaksanakan game :
Ø Mintalah peserta untuk membuat lingkaran kecil atau berhadapan dan berpasangan.
Ø Pada setiap pasangan perintahkanlah untuk bergerak sekehendaknya, sedangkan anak di hadapannya menirukan semua gerakan dengan tepat, dan semua gerkan harus sama.
Ø Permaianan ini dapat dilakukan dengan bergantian peran.

Tujuan
Ø Dapat membuat suasana jenih menjadi semangat kembali
Ø Melatih dan meregangkan otot
Ø Dapat melancarkan peredaran darah









DOA YAUMIYAH

Ruhiyah
Standar kompetensi
Membiasakan anak dengan doa yaumiyah
Kompetensi dasar
Ø memahami nilai-nilai dlam aktifitas sehari-hari
Indikator
Ø siswa dapat melafadzkan kalimat doa-doa yang sering dibaca setiap hari.










Pernahkan kalian berdoa? Doa apa yang kalian ucapkan? Apakah kalian mengetahui arti doa yang kalian ucapkan. Doa merupakan ibadah yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Karena setiap gerak-geriknya pasti akan merasa tentram jika dekat dengan Allah. Orang tidak akan merasa aman di dunia ini jauh dari Allah ta’ala.
Setiap kegiatan seorang beriman tidak pernah terpisah meninggalkan doa, karena setiap gerak-gerik, tingkah-laku senantiasa dituntunkan untuk membaca doa. Akan tetapi, kadang ketika anak-anak mengadakan perjalanan atau perkemahan banyak anak yang lupa tidak berdoa dan berdzikir kepada Allah.
Oleh karena itu agar kita hafal doa-doa yaumiyah maka kita akan mempelajari doa-doa yaumiyah:

1. doa ketika keluar Rumah
بِسْمِ اللهِ تَوَكَّـلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ
”Dengan nama Allah, aku bertawakal kepadan-Nya dan tiada daya dan upaya kecuali atas kehendak-Nya (HR Turmidzi)
2. Doa ketika naik kendaraan
بِسْمِ اللهِ اْلْحَمْدُ لِلَّهِ سُبْحَانَ الَّذَيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَإِنَّ إَلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ, أَلْحَمْدُ ِللهِ أَلْحَمْدُ ِللهِ أَلْحَمْدُ ِللهِ, اَللهُ أَكْبَـرْ أَكْبَـرْ أَكْبَـرْ سُبْحَانَكَ اللَّـهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ.
”Dengan nama Allah segala puji bagi Allah, (maha suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami.padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya.dan sesungguhnya kami akan kembali kepada rabb kam), segala puji bagi Allah 3X, Allahu Akbar 3X, sesungguhnya kami mendhalamimi diriku sendiri, maka ampunilah aku, sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.(HR Turmidzi)





3. Doa ketika bagi orang yang membri minuman atau makanan

أَللهُمَّ أَطْعِـمْ مَنْ أَطْعَمَـنِيْ وَاسْقِ مَنْ سَقَانِيْ
“ya Allah berilah makan orang yang memberiku makan dan berilah minum orang yang memberiku minum.(HRMuslim)
4. Doa ketika singgah di tempat baru
أَعُوْذُ بَكَ بِكَلِمَاتِ اللهِ مِنْ شَـرِّ مَا خَلَقَ
”Aku belindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhuk-makhluk-Nya” (HR Muslim)
5. doa ketika kendaraan mogok
بِسْمِ اللهِ
“Dengan menyebut nama Allah”


Orang yang berdoa kepada Allah berarti ia menunjukkan ketundukan, kerendahan, dan merasa bahwa ia seorang hamba. Allah mencintai orang yang senantiasa berdoa dan murka kepada orang yang tidak mau berdoa.

Cerita keajaiban doa

Tugas portovolio
Isilah tabel dibawah ini untuk mengetahui perkembangan doa anak:


No Nama Anak Doa 1 Doa 2 Doa 3 Doa 4 Doa 5
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.

Game 2
NAGA BUTA

Naga Buta
Tujuan : melatih saling percaya dan kerja sama
Tempat : dapat dilaksanakan luar dan dalam kelas
Waktu : kurang lebih 10-30 menit
Jumlah : semakin banyak semakin baik
Alat : sapu tangan atau sleyer sebagai penutup mata sejumlah peserta.

Cara melaksanakan game :
Ø Bagilah peserta menjadi bebarapa regu, setiap regu terdiri dari minimal 5 anak.
Ø Setiap regu diperintahkan untuk memilih dua anggota, satu menjadi pawang dan satu menjadi kepala naga
Ø Seluruh anggota menutup mata dengan saputangan yang dibawa, anak yang paling depan menjadi kepala naga. dan tugas pawang adalah mengarahkan naga buta menuju tempat mengambil makanan
Ø Tempat makanan adalah tempat yang agak jauh, agar lembih menantang perjalanan dapat dibut rintangan atau jalan yang belak-belok
Ø Pengambil makanan tercepat adalah pemenangnya.

Manfaat
Ø Dapat membuat suasana jenuh menjadi semangat kembali
Ø Melatih kerjasama dan memupuk saling saling percaya
Ø Dapat mempererat tali persahabatan


















FIQIH IBADAH

Ruhiyah
Standar kompetensi
Membiasakan anak dengan ibadah yaumiyah
Kompetensi dasar
Ø memahami nilai-nilai dlam aktifitas sehari-hari
Indikator
1. siswa dapat melakukan ibadah dengan tepat
a. sholat jama’
b. tayamum
c. sholat qhosor











Proses belajar mengajar tidak selamanya di dalam kelas. Karena kegiatan kepanduan dapat dilakukan di lapangan, persawahan, pegunungan dan alam terbuka semuanya dapat dialakukan dengan hati senang dan bermanfaat bagi jasmani dan raohani.
Kegiatan luar sekolah (out bond) ada yang dilakukan selama sehari, tiga hari, atau bahkan seminggu. Kadang out bond dilakukan di lingkungan sekolah dan jauh dari sekolah. Ketika dirumah kita mengerjakan shalat dengna jumlah rekaat yang sempurna. Shalat dhuhur empat rekaat, shalat Asar empat rekaat, shalat maghrib tiga rekaat, isyak empat rekaat, dan subuh dua rekaat. Akan tetapi jumlah rekaat itu kita lakukan ketika kita dirumah.




Dalam Islam, apabila mengadakan perjalanan atau safar yang dilakukan kurang lebih 84 kilometer, maka shalat disunahkan untuk di qasar. Selain itu apabila waktu juga sempit boleh dilakukan jamak, atau melaksanakan kedua-duanya.
Lalu bagaimanakah cara melakukan jamak dan qasar. Jamak adalah mengumpulkan dua shalat menjadi satu waktu. Contoh shalat isyak dan syalat maghrib dilaksanakan di awal waktu jika jamak takdim dan di akhir waktu jika jamak ta’khir jika dilakukan di akhir waktu. Agar lebih jelas lihatlan tabel berikut:


NO NAMA SHALAT Rekaat shalat biasa Shalat qasar Shalat jamak taqdim Shalat jamak ta’khir
1 Isyak 4 rekaat 2 Waktu maghrib Waktu isyak
2 maghrib 3 rekaat 3 Waktu maghrib Waktu istak
3 Dhuhur 4 rekaat 2 Waktu dhuhur Waktu asar
4 Asar 4 rekaat 2 Waktu dhuhur Waktu asar
5 Subuh 2 rekaat Tidak di qasar Tidak dijamak Tidak dijamak

Dengan tabel di atas dapat nampak bahwa ketika orang bepergian telah diberi kemudahan Allah dalam mengerjakan shalat. Oleh karena itu tidak alasan ketika mengadakan kegiatan di luar sekolah menjadi alasan shalat terlambat, tidak jamaah, apalagi sampai meninggalkannya.


Game 3
Sarung Berjalan
Naga Buta
Tujuan : melatih kecermatan dan ketangkasan dalam bertindak
Tempat : dapat dilaksanakan luar dan dalam kelas
Waktu : kurang lebih 10-30 menit
Jumlah : jumlah ideal kurang lebih 20 anak
Alat : sarung dan nasyid atau stop watch


Cara melaksanakan game :
Ø Seluruh peserta bergandengan tangan dan tidak ada yang terlepas
Ø Siapkan kaset nasyid atau stop watch untuk pembatas waktu
Ø sarung sudah dipersiapkan ditangan salah satu peserta
Ø ketika nasyid di bunyikan, sarung mulai berputar keliling peserta.
Ø Seluruh peserta tidak diperkenankan untuk melepaskan gandengan tangan
Ø Anak yang belum menyelesainkan tugas atau sarung belum melewaati badannya maka ia dianggap kalah dan segera di iqob dengan iqob yang sudh disepakati.

Manfaat
Ø Dapat membuat suasana jenuh menjadi semangat kembali
Ø Melatih kerjasama dan memupuk saling saling percaya
Ø Melath kerja cepat dan tepat
Ø Menjadikan anak tambah akrab





LATIHAN KEKUATAN DAN KESEIMBANGAN

Jasadiyah
Standar kompetensi
Agar anak mempunyai fisik dan mental yang kuat
Kompetensi dasar
Ø Melakukan latihan untuk kekuatan dan keseimbangan, daya tahan
Indikator
1. siswa mampu untuk belari sejauh 100-1000 meter
2. siswa dapat berjalan di atas titian dengan ketinggian 40 senti meter
3. sisa dapat meanjar tali setinggi 3 meter












A. Berlari1 100-1000 meter
Olah raga merupakan sesuatu yang sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Olah raga sangat banyak macam dan vareasi. Akan tetapi, olah raga yang paling murah bahkan tanpa memerlukan biaya adalah lari dan berjalan. Lari merupakan latihan yang dapat menguatkan otot-otot kaki, dan dapat memperkuat jantung. Tapi jika tidak diprogam lari merupakan olahraga yang menjemukan. Oleh karena itu dalam berlatih lari harus ada beberapa vareasi untuk meningkatkan semangat dalam berolahraga dan memperkuat tubuh. Karena kuat tubuh dan akal adalah merupakan modal dasar untuk beribadah kepada Allah.
Beberapa verasi dalam olahraga lari:
a. lari bolak-balik
lari bolak-bolik dilakukan dengan membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari beberapa anak.setiap anak harus membawa daun atau benda yang dapat ditaruh di tempat yang telah ditentukan.
Selain model permainan di atas, dapat pula dilakukan dengan melakukan lari rukun islam, rukun iman, lari ulul azmi dan lain-lain. .
b. lari zig-zag
lari zig-zag adalah lari yang dilakukan dengan berbelak-belok. Lari ini dapat melatih ketangkasan dan memperkuat otot kaki. Cara membuat tempat lari zig-zag yaitu dengan menaruh 4 atau 5 batu kemudian ditata lurus segaris. Jika kelompok lebih dari satu, maka dikalikan jumlah kelompok.

Orang berlari











c. lari tanggap tugas
lari tanggap tugas adalah permainan yang menuntut: kedisiplinan, kecepatan dan ketepatan dalam brefikir dan bertindak.
Contoh tugas:
Ø Dalam sepuluh hitungan anak-anak harus mencari daun yang berwarna kunig berjumlah tiga lembar, tidak boleh sobek dan tergores. Hitungan sepuluh semua sudah kembali pada tempatnya masing-masing, jangan sampai keliru menempati tempat orang lain. Hitungan ke tiga semua mulai melaksanakan (satu.... dua ..... tiga...). ketika anak melaksanakan guru menghitung dengan pelan tapi pasti.
Ø Permainan di atas dapat dikembangkan dengan berbagai perintah: mengambil kerikil, berkelompok masing-masing kelompok terdiri dari lima kelompok tidak boleh lebih tidak boleh kurang. Selain permaian di atas, masih banyak lagi permainan yang dapat dilakukan dalam melaksanan olah raga lari..
d. lari perlombaan dan lari jarak jauh.
Latihan ini dilakukan seperti kegiatan lari seperti biasa, hanya saja dilakukan dengan jarak tertentu. Contoh: 100 meter, 200 meter, 1000 meter dan seterusnya.
Dalam melakukan kegiatan ini tidak harus berlokasi yang rata atau lurus. Bahkan lebih baik jika dilakukan dipersawahan, tanah berlumpur, atau tanah perbukitan yang bergelombang.
e. Lari dalam permainan
Permainan lokal ataupun permaian internasional hampir semua memakai gerakan lari. Contohnya: sepak bola, kasti, raunders, betengan. Hanyasaja, dalam menggunakan permainan ini sebaiknya dirubah peraturannya sehingga tidak sama dengan pelajaran olah raga.
Contoh modifikasi sepakbola dengan menggunakan bola dari balon, kelapa kering yang masih ada serabutnya, atau kain yang digulung sehingga dapat digunakan untuk sepak bola dan sebagainya.



Berjalan di balok titian/tali





B. Latihan keseimbangan
Latihan keseimbangan dapat dibagi menjadi dua, yaitu latihan keseimbangan statis (diam) dan kesimbangan dinamis (dengan berjalan). Adapun latihan keseimbangan dapat dilakukan dengan berbagai latihan.
Ø Meniti pada balok latihan. Balok latihan dapat dibuat dari bambu atau kayu yang diberi tiang dengan ketinggian 40-60 sentimeter dari tanah. Gerakan dalam latihan keseimbanganpun bermacam-macam. Seperti berjalan maju, berjalan kebelakang, berjalan menyamping, dan sebagainya.
Ø Selain denga menggunakan balok titian dapat pula berjalan pada tali yang melintang. Akan tetapi melakukan kegiatan ini harus berhari-hati karena sangat berbahaya jika tidak ada pengawasan dari guru atau ustadz.
Ø Latihan keseimbangan tidak semua harus menggunakan peralatan, ada latihan yang tidak membutuhkan alat. Seperti gerakan kapal terbang, berjalan pada garis lurus dengan mata tertutup.

C. Latihan ketangkasan.
Latihan ketangkasan adalah latiha yang membutuhkan latihan yang rutin. Gerakan dalam latihan ketangkasanpun sangat banyak. Apabila kita dapat menguasai gerakan ketangkasan dengan baik itu sangat bermanfaat.
Ø Rol kedepan
Rol biasanya disebut juga berguling. Berguling dapat dilakukan kedepan. Cara melakukan rol kedepan adalah sebagai berikut
- berdirilah dengan kaki dibuka selebar bahu, dan tangan diletakkan di atas matras atau tempat yang empuk.
- Tekuklan siku tangan secara pelan-pelan diikuti menurunkan pantat. Jika kepala telah dekat dengan matras, maka tempelkan dagu pada dada dan dorong badan kedepan lalu berguling.
- Yang perlu diperhatikan ketika melakukan rol adalah rol bertumpu pada tengkuk bukan pada punggung atau leher. Dan dalam belajar harus dalam pengawasan guru atau ustadz
Ø Rol ke belakang
Cara malakukan rol ke belakang hampir sama dengan latihan rol ke depan, hanya saja rol belakang diawali dengan jongkok membelakangi matras.
Ø Lompat harimau
Lompat harimau adalah keterampilan yang sulit dan perlu berhati-hati dalam latihan. Oleh karena itu dalam latihan harus di bawah pengawasan guru atau ustadz dan menggunakan alas lantai baik matras atau yang sejenisnya. Cara melakukan latihan lompat harimau adalah sebagai berikut:
- Berdiri dengan posisi menghadap matras
- Melakukan awalan dengan berlari pelan-pelan, ketika berada di depan matras segera melompat ke depan dan mendarat dengan kedua tangan dan langsung disusul gerakan rol kedepan.
- Gerakan ini diakhiri dengan posisi berjongkok.
Ø lompat
melompat di tempat dapat membentuk otot-otot kaki menjadi kuat, sehingga kadang kita merasa tubuh menjadi ringan. Kegiatan melompat dapat dilakukan dengan berbagai vareasi. Seperti lompat kedepan, kebelakang, lompat jauh, lompat tinggi dan sebagainya.



Game 4
Pesawat angin
Pesawat angin
Tujuan : menyegarkan suasana
Tempat : dapat dilaksanakan luar dan dalam kelas
Waktu : kurang lebih 10-30 menit
Jumlah : jumlah ideal kurang lebih 20 anak
Alat : bekas aqua gelas sejumlah regu dan tali/ benang


Cara melaksanakan game :
Ø Pesawat dibuat dengan melubagi bagian bawah bekas aqua gelas dengan paku.
Ø Kemudian ambilah benang yang kemudian dimasukkan kedalam lubang. Setelah itu kedua unjung benang ditalikan pada dua tiang.
Ø Setelah ditentukan start dan finish, semua peserta dipersilahkan bekerja sama untuk berlomba dalam meluncurkan pesawat.
Ø Pesawat meluncur dengan ditiup, tidak boleh anggota tubuh yang lain menyentuh pesawat karena dianggap dis (kalah).

Manfaat
Ø Dapat membuat suasana jenuh menjadi semangat kembali
Ø Melatih kerjasama dan memupuk saling saling percaya
Ø Melath kerja cepat dan tepat
Ø Menjadikan anak tambah akrab




RENANG

Jasadiyah
Standar kompetensi
Agar anak mempunyai fisik dan mental yang kuat
Kompetensi dasar
Ø Melakukan latihan renang gaya bebas
Indikator
1. Siswa dapat meluncur dengan benar
2. siswa dapat melakukan gerakan tangan dan kaki dengan benar
3. siswa dapat mengkoordinasikan antara tangan, kaki dan bernafas.












Renang adalah olahraga yang sangat baik untuk kesehatan dan menjaga kebugaran. Selain itu latihan berenang merupakan olahraga yang di sunahkan oleh ralullah. Oleh karena itu setiap muslim harus semangat dalam belajar berenang agar dapat berenang dengan baik dan benar serta dapat beranang dalam waktu lama tanpa istirahat. Paling tidak mampu berenang tampa berhenti selama 15 menit. Wah, subhanallah itu merupakan ssesuatu yang luar biasa.
Setelah mengetahui bahwa renang adalah sunah, maka sepantasnya kita belajar dengan tekun agar dapat berenang dengan baik. Oleh karena itu lakukan latihan-latihan berikut.
A. Latihan meluncur
Untuk permulaan berdirilah menempel pada dinding, satu kaki sebagai tumpuan dan kaki yang lain digunakan untuk menolak, badan di membungkuk agar rata-rata air dan tangan lurus ke depan. Jika sudah siap semua maka tolakkan kaki dengan sekuat tenaga sehingga tubuh akan terdorong ke depan dengan cepat. Jagalah keseimbangan sehingga tubuh tidak tenggelam. Bagi yang masih pemula sebaknya berenang di kolam yang dangkal.
Teknik ernang gaya bebas











B. Gerakan tangan
Latihan gerakan tangan dilakukan di kolam dangkal kira-kira sedada. Bungkukkkan badan sehingga kepala berada di dalam air. Gerakkan tangan dari dari dada, ke samping, dan kedepan dengan bergantian tangan kiri dan kanan. Selain itu, gerakkan kepala untuk mengambil air, jika tangan kanan maju maka menengok kekiri dan sebaliknya. Perhatikan untuk membuanng napas dan megambilnya menggunakan mulut.
C. Gerakan kaki
Dalam latihan gerakan kaki dilakukan dengan menggunakan ban atau pelampung, kemudian gerakann kaki bertumpu pada pangkal paha, kemudian kaki digerakkan ke atas dan bawah secara bergantian. Akan tetapi, jika tidak ada ban dan pelampung latihan ini dapat dilkakkan dengan berpegangan pada dinding kolam.
D. Gerakan kombinasi semua geraka dan pernapasan
Mulailah dengan gerakan meluncur, setelah badan tegak lurus dengan air, mulailah denngan gerakan kaki, kemudian dikoordinasikan dengan gerakan lengan dan mengambil napas. Semoga berhasil.

E. Portovolio
1. Lakukan gerakan meluncur dengan jarak 3 meter
2. lakukan renang gaya bebas dengan jarak 10 meter
3. lakukan gerakan menyelam dengan waktu 15 detik





Game 5
Pembimbing dan si buta
Pembimbing dan si buta
Tujuan : menyegarkan suasana
Tempat : dapat dilaksanakan luar dan dalam kelas
Waktu : kurang lebih 10-30 menit
Jumlah : Jumlah tidak terbatas
Alat : Penutup mata sejumlah regu, Ban bekas, rafia, bambu atau sejenisnya


Cara melaksanakan game :
Ø peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok harus berjumlah genap.
Ø Sebelum permainan dimulai ditentukan start dan finish serta halangan dan rintangan harus siap.
Ø setiap kelompok menentuakan pembimbing dan yang lain menjadi orang buta(dengan ditutup mata)
Ø Setelah semua siap pembimbing memindahkan si buta dari start hingga finish satu-satu. Setiap regu beradu cepat memindahkan semua oran buta hingga habis.
Ø Regu yang menang adalah regu yang paling cepat memindahkan orang buta yang ia bimbing
Ø Orang buta yang sudah sampai ke finish dapat menjadi pembimbing jika pembimbing terlalu capek.

Manfaat
Ø Dapat melatih ketaatan dan disiplin
Ø Melatih kerjasama dan memupuk saling saling percaya
Ø Melath kerja cepat dan tepat
Ø Menjadikan anak tambah akrab






PERATURAN BARIS BERBARIS
Jasadiyah
Standar kompetensi
Anak dapat berbaris dengan rapi dan benar
Kompetensi dasar
Ø Melaksanakan prakterk baris berbaris berkelompok dan sendiri-sendiri
Indikator
1. Siswa dapat berbaris dengan benar.
2. Siswa mampu mempraktekkan aba-aba tanpa berpindah tempat.













A. Pengertian
Suatu wujud fisik yang diperlukan untuk menanamkan kebiasaan tata cara hidup suatu organisasi masyarakat yang diarahkan kepada terbentuknya perwatakan tertentu.






B. Tujuan
Tujuan PBB ada dua yaitu:
1. menanamkan rasa disiplin, mempertebal rasa semangat kebersamaan
2. menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu.
3. menanamkan rasa tanggung jawab.
4. dapat menumbihklan rasa senasib sepenanggungan serta adanya ikatan batin yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas.
C. 12 Gerakan Dasar
1. Sikap sempurna
2. Hadap serong kanan
3. Hadap serong kiri
4. Hadap kanan
5. Hadap kiri
6. Balik kanan
7. Jalan di tempat
8. Berhitung
9. Lencang kanan
10. Lencang depan
11. Setengah lengan lencang kanan
12. Istirahat di tempat
D. Cara Memberi Aba-Aba
Dalam memberikan aba-aba tidak boleh bersikap seenaknya sendiri,akan tetapi harus mematuhi aturan umum dalam baris berbaris.
Ø Pemberi aba-aba harus berdiri, kecuali memang ada halangan contohnya; sakit, lumpuh dan sebagainya.
Ø Aba-aba diucapkan dengan suara nyaring-tegas dan bersemangat.
Ø Aba-aba petunjuk dan peringatan pada waktu pengucapan hendaknya diberi antara.contoh; ketika memberi aba-aba hadap kanan, setelah mengucapkan “hadap kanan” ada jeda waktu sekitan 2-5 detik baru di di susul “gerak”.
Ø Antara aba-aba peringatan dan pelaksanaan hendaknya diperpanjang disesuaikan dengan besar kecilnya pasukan.
Ø Aba-aba pelaksanaan pada waktu pengucapan hendaknya dihentakkan.
Ø Bila pada suatu bagian aba-aba diperlukan pembetulan maka dilakukan perintah ULANG !
Ø Apabila pemberi aba-aba sedang berjalan ketika ia mengucakan “gerak” harus dalam posisi siap. Dan tidak boleh memberi aba-aba dengan berjalan-jalan, apalagi dengan duduk.
E. Program latihan
1. Sikap sempurna
Sikap sempurna biasa disebut sikap siap. Dalam melakukan sikap siap adalah dengan berdiri tegap, telapak kaki membentuk huruf V, pandanngan lurus ke depan, tangan berada disamping badan melekat pada jahitan celana atau rok, telapak tangan menggenggam. Selama melakukan sikap sempurna tidak diperkenankan untuk berbicara, tengak-tengok, dan kegiatan yang lainnya.
Aba-aba gerakan ini adalah: siap-gerak.
2. Hadap serong kanan dan hadap serong kiri
Hadap seron kanan dapat dilakukan dengan memutar badan ke kanan sebesar 45 derajat. Untuk memudahkan gerakan ini dapat dilakuakan dengan tiga gerakan, yaitu:
a) Hitungan satu, telapak kaki kiri maju di depan jempol kaki kanan dengan jarak kurang lebih 5-10 cm.
b) Hitungan dua, badan dari pinggul hingga kepala berputar ke kanan 45 derajat.
c) Hitungan ketiga kaki kiri menutup kembali, dan membentuk huruf V.
Adapun hadap serong kiri dilakukan hamper sama dengan hadap serong kanan, hanya arahnya sebaliknya.
Aba-aba gerakan ini: hadap serong kanan –gerak. Atau hadap serong kiri-gerak
3. Hadap kanan dan hadap kiri
Hadap kanan dapat dilakukan dengan memutar badan ke kanan sebesar 90 derajat. Untuk memudahkan gerakan ini dapat dilakuakan dengan tiga gerakan, yaitu:
a) Hitungan satu, telapak kaki kiri maju di depan jempol kaki kanan dengan jarak kurang lebih 5-10 cm.
b) Hitungan dua, badan dari pinggul hingga kepala berputar ke kanan 90 derajat.
c) Hitungan ketiga kaki kiri menutup kembali, dan membentuk huruf V.
Adapun hadap kiri dilakukan hamper sama dengan hadap kanan, hanya arahnya sebaliknya.
Aba-aba gerakan ini adalah: hadap kanan-gerak atau hadap kiri-gerak.
4. Balik kanan
Sebenarnya jika kita dapat melakukan hadap kanan, hadap kiri, dan hadap serong kanan sudah dapat melaksanakan balik kanan. Karena balik kanan pada dasarnya sama dengan balik kanan, hanya saja perputaran badan sampai 180 derajat. Sehingga badan berbalik arah. Misalnya; dari menghadap ke barat menjadi menghadap ke timur, dari menghadap ke utara menjadi menghadap ke selaran dan seterusnya. Adapun hitungan sama dengan ketika melaksanaka hadap kanan atau dadap kiri.
Aba-aba gerakan ini adalah: balik kanan-gerak
5. Lencang depan
Dalam setiap pasukan dibutuhkan keteraturan dan kerapian dalam berbaris. Kerapian pasukan sangat diperukan, karena dengan kerapian pasukan akan nampak berwibawa, mudah di atur. Selain itu, pasukan dapat dengan mudah melihat pemimpin pasukan walaupun berada di tempat yang jauh. Aba-aba ini dipakai ketika pasukan berbanjar.
Dalam melakukan gerakan ini adalah sebagai berikut:
a) Ketika mendengar aba-aba maka baris yang berada paling kanan segera mengangkat tangah lurus kedepan (posisi tangan mengepal), jika menyentuh pasukan di depannya makan tangan diangkat di samping kanan, dan bukan di tekuk..
b) Baris yang paling depan mengangkat tangan ke samping kanan sambil pandangan menengok ke kanan.
c) Dalam melakukan gerakan ini (peraturan yang terbaru) pasukan yang berada di pojok depan kanan tidak udah mengangkat tangan, cukup dalam posisi sempurna/ siap.
d) Jarak antara pundak dan tangan adalah satu kepal. Kemudian pasukan yang tidak mengangkat tangan, melihat ke depan dan melirik ke kanan untuk meluruskan barisan.
Aba-aba gerakan ini adalah: lencang depan - gerak
6. Lencang kanan
Gerakan lencang kanan hamper sama dengan gerakan lencang depan, hanya saja aba-aba ini digunakan jika pasukan bersaf-sar atau berderet.
Dalam melakukan gerakan ini adalah sebagai berikut:
a) Ketika mendengar aba-aba maka baris yang berada paling depan segera mengangkat tangah lurus ke kanan (posisi tangan mengepal), jika menyentuh pasukan di sebelah kanan, maka tangan diangkat dibelakang pundak bukan di tekuk.
b) Dalam melakukan gerakan ini (peraturan yang terbaru) pasukan yang berada di pojok depan kanan tidak udah mengangkat tangan, cukup dalam posisi sempurna/ siap.
c) Untuk baris yang paling kanan mengangkat tangan depan.
d) Jarak antara pundak dan tangan adalah satu kepal. Kemudian pasukan yang tidak mengangkat tangan, melihat ke depan dan melirik ke kanan untuk meluruskan barisan.
Aba-aba gerakan ini adalah: lencang kanan - gerak
7. Setengah lengan lencang kanan
Aba-aba setengah lengan lencang kanan biasanya di gunakan apabila pasukan banyak dan tempat sempit. Adapun cara melaksanakannya hamper sama dengan aba-aba “lengan kanan”, hanya saja tangan tidak diluruskan tapi tangan kanan berkacak pinggang.
8. Berhitung
Berhitung sangat diperlukan dalam baris berbaris. Karena jangan sampai ada penyusup yang masuk ke dalam barisan tanpa disadari. Sehingga menghitung jumlah pasukan dilakukan di awal dan di akhir kegiatan.
Cara melakukan menghitung pasukan:
a) Ketika aba-aba “berhitung”, pasukan yang paling depan menengok ke kanan. Kecuali yang paling kanan tetap dalam keadaan siap.
b) Ketika aba-aba “mulai”, maka pasukan yang paling kanan segera berhitung dari angka “satu”, diikuti samping kirinya urut hingga pasukan paling kiri.
c) Di akhir hitungan pasukan di pojok kiri belakang mengakatakn “lengkap” jika pasukan lengkap, dan “kurang satu” jika pasukan kurang satu..
Aba-aba gerakan ini adalah: berhitung-mulai
9. Istirahat di tempat
Istirahat di tempat biasanya digunkan untuk mendengaran pengarahan dari ketua, ustadz atau Pembina. Adapun cara melakukan aba-aba “istirahat di tempat” adalah sebagai berikut:
a) Ketika mendengar aba-aba “istirahat ditempat” tangan kedua tangan segera ditarik ke belakang dan pergelangan tangan kanan dipegang tangan kiri.
b) Pandangan lurus ke depan
c) Dada dibusungkan.
d) Walaupun dalam keadaan istirahat, pasukan boleh menjawab salam atau pertanyaan. Hanya saja ketika menjawab harus mengambil sikap siap, kemudian setelah itu kembali ke posisi istirahat.
Aba-aba gerakan ini adalah: istirahat di tempat-gerak
10. Jalan di tempat
Jalan di tempat merupakan latihan yang dapat membantu dalam gerakan berjala. Ketika gerakan jalan ditempat dapat rapi, maka kekita berjalan akan lebih teratur dan terarah.
Dalam melakukan gerakan jalan di tempat diperlukan kedisiplinan yang tinggi. Dalam melakukan gerakan berjalan di tempat perlu memerhatikan hal-hal berikut:
e) Kaki diangkat hingga paha rata-rata air(lurus dan sejajar)
f) Setiap gerakan dimulai dari kaki kiri..
g) Jika menggunakan hitungan atau peluit, maka ditepatkan ketika kaki kiri menyentuh tanah.
h) Dalam melakukan gerakan berjalan ditempat jangan terlalu cepat.







Game 6
Tikus dan kucing I










RENANG

Jasadiyah
Standar kompetensi
Agar anak mempunyai fisik dan mental yang kuat
Kompetensi dasar
Ø Melakukan latihan renang gaya bebas
Indikator
4. Siswa dapat meluncur dengan benar
5. siswa dapat melakukan gerakan tangan dan kaki dengan benar
6. siswa dapat mengkoordinasikan antara tangan, kaki dan bernafas.
















TALI TEMALI
Jasadiyah
Standar kompetensi
Agar anak mempunyai kemampuan dalam tali-temali
Kompetensi dasar
Ø Mempraktekkan tali temali denga benar
Indikator
1. Siswa dapat mempraktekkan tiga simpul dengna baik
2. Siswa dapat membuat simpul dengan tiga menit.













Tali Temali
A. Tali Tamali
Dalam kegiata kepanduan tidak lepas dari tali temali. Oleh karena itu, sebaiknya setiap anggota mempunyai tali dan merawatnya dengan baik agar tidak lekas rusak dan mudah putus. dalam praktek sehari-hari kadang orang masih salah menggunakan istilah simpul dan tali. Tali adalah bendanya dan simpul adalah hubungan antara tali denga tali. Sedang ikatan adalah hubungan antara tali dengan bebda lainnya, seperti kayu, balok, tongkat, batu dan sebagainya.
Tali jika dilihat dari bahannya dapat dibagi menjadi bermacam-macam. Seperti tali ijuk, manila, bambu, dan sebagainya. Agar awet tali harus dirawat dengan bak. Adapun cara merawat tali adalah sebagai berikut:
1. Selesai dipakai,simpan tali di tempat yang baik, dangan dilempar begitu saja.
2. Jika basah, jemur dulu hingga kering, baru disimpan.
3. Gulung tali dengan cara sebagaiman kalian waktu beli.

B. Simpul
1. Simpul ujung tali, digunakan agar pintalan tali tidak lepas.
2. Simpul mati, untuk menyambung dua tali yang sama besar.
3. Simpul kembar, digunakan untuk menyambung tali yang tidak sama besar dan dalam keadaan basah atau licin.
4. Simpul anyam, untuk menyambung dua tali yang tidak sama besar.
5. Simpul anyam berganda, intuk menyambung tali yang tidak sama besar dan dalam keadaanlicin atau basah
6. Simpul tarik, untuk mengikat tali pada tiang agar mudah dilepas,
7. Simpul erat, untuk memperpendek tali.
8. Simpul laso, untuk menjerat binatang luas.
9. Simpul hidup, untuk mengikat tiang
Agar lebih jelas perhatikan gambar berikut ini:































C. portovolio










Game 7











Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) I
Jasadiyah
Standar kompetensi
Siswa mampu menguasai teknik dasar dalam PPPK
Kompetensi dasar
Ø Mempraktekkan memberi bantuan kepada orang yang mengalami kecelakaan.
Indikator
1. mampu mempraktekkan memberi bantuan kepada orang yang mimisan
2. mampu memberikan bantuan kepada teman atau orang yang masuk angina
3. mampu mendemonstrasikan dalam menangani orang yang ayang-anyangen












A. Mimisan
Pernahkah anda mimsan? Secara umum mimisan adalah keluarnya darah dari hidung yang dapat terjadi akibat sebab kelainan lokal pada ringga hidung ataupun karena kelainan yang terjadi di tempat lain dari tubuh. Kelainan lokal dapat berupa trauma misalnya terkena benda tumpul, kena siku teman ketika bermain, mengoerk hidung, terjatuh, terpukul atau karena iritasi gas yang merangsang.
Selain penyebab di atas adapula mimisan yang disebabkan karena tumor atau kangker, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kelainan bawaan, demam berdarah dan sebagainya.
Mimisan dalam bahasa kedokteran disebut Epistaksi. Mimisan merupakan gejala yang sangat seting dijumpai pada anak-anak, walaupun orang tua kadang masih mengalaminya. Ketika anak mengalami mimisan banyak orang tua yang masih bingung dan ketakutan.
Memang jika dicermati banyak hal yang menyebabkan mimisan.oleh karena itu harus mendapatnkan penanganan khusus. Maka dari itu perlu ada pemeriksaan yang cermat kepada pasian agar tidak salah dalam memberi tindakan.
Langkah-langkah dalam menangani mimisan
1. Jangan panik
2. Anak didudukkan dengan tegak, muka sedikit menunduk, dan jangan menegadahkannya.
3. Pegang hidung anak denan tissu atau dengan kain bersih; dalam adat jawa biasanya dengan daun sirih. Pada hakekatnya tidak ada masalah baik tissu atau daun sirih, karena pada intinya adalah menutup lubang hidung agar darah tidan masuk ke paru-paru.
4. Jangan baringkan anak, karena dapat menyebabakan darah kembali ke kerongkongan, bahkan dapat menyebabkan muntah.
5. Biarkan anak beristirahat.

Hubungi dokter jika:
1. Mimisannya sering terjadi
2. Mamasukkan barang ke hidung
3. Terlihat cenderung gampang memar
4. Terjadi pendarahan dari luka yang minor dan berasal dari luar tempat lain, misalnya gusi, tanda-tanda gawat darurat,

Terlambat dalam menangani mimisan ini dapat berbahaya kerena dapat menyebabkan komplikasi. Komplikasi yang sering terjadi adalah syok dan anemia(kurnag darah), bahkan penurunan tekanan darah karena banyak darah yang keluar. Akan tetapi anda jangan terlalu bingung, karena pada dasarnya mimisan 90 persen dapat berhenti sendiri, sedangkang 10 persen perlu penanganan kehusus. Asal tidak terlambat tidak akan terjadi komplikasi.
Beberapa cara mencegah mimisan;
1. Jangan merokok, karena merokok dapat menyebabkan iriasi dan mengeringan saluran hidung dan juga memcu hipertensi(tekanan darah tinggi).
2. Menghentikan mengorek hidung.
3. Minum vitamin C dan seng
4. Ajari anak untuk menggunakan tissu, sehingga tidak menggunakan dengan salah.

B. Anyang-Anyangen
Anyang-anyangen adalah istilah Jawa yang sering dipakai ketika orang mengalami sakit ketika buang air kecil, buang air tidak lancar, berkali-kali kebelakang akan tetapi hanya sedikit yang keluar.
Anyang-anyangen menurut kebanyakan karena minum panas dan dingin secara bergatian, terlalu banyak gerak pada anak-anak, lari-lari, lompat-lompatan, atau yang semisalnya. Akan tetapi secara medis memang Anyang-anyangen dapat disebabkan beberapa hal. Seperti faktor kebersihan, atau sebagai indikasi(tanda-tanda awal) adanya batu/ kristal di ginjal. Apalagi jika terjadi secara berulang-ulang dalam jangka waktu lama atau lebih dari seminggu. Pada saat kondisi yang parah kadang rasa sakit ini terasa sangat mengganggu, karena rasanya menusuk-nusuk, menjalar ke samping mengikuti alur saluran air kencing.
Anyang-anyangen biasanya dimulai dengan rasa tidak enak di perut bawah, kencing lebih sering tetapi sedikit-sedikit. Tak jarang saat kencing kencing terasa sangat sakit, bahkan pada taraf yang parah akan diikuti rasa demam, mual, tidak enak badan.
Munculnya Anyang-anyangen muncul karena adanya kristal batu di kandung kemih yang sudah lama mengendap tanpa disadari. Batu kemih mungkin bersarang di kandung kemih atau di ginjal atau di saluran kencing dapat keluar bersamaan dengan air kencing. Ketika batu mengalir bersama air kencing melewati saluran air kencing akan menimbulkan rasa nyeri, perih bahkan seperti disilet. Jika penyebab Anyang-anyangen karena batu ginjal, maka setelah batu itu diambil rasa nyeri akan hilang.
Meski begitu tidak perlu kawatir karena semua batu kemih yang masih kecil dapat dihancurkan dengan minum obat-obat penghacur batu. Akan tetapi jika belum bisa dihancurkan dengan obat, maka haru di operasi atau ditembak dengan sinar laser.
Adapun pencegahan Anyang-anyangen adalah dengan:
1. atur pola makan yang sehat
2. minum ai putih yang banyak
3. hindari minuman berkarbonasi dan berarkohol





















Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) II
Jasadiyah
Standar kompetensi
Siswa mampu menguasai teknik dasar dalam PPPK
Kompetensi dasar
Ø Mempraktekkan memberi bantuan kepada orang yang mengalami kecelakaan.
Indikator
1. mampu mempraktekkan memberi bantuan kepada orang yang mimisan
2. mampu memberikan bantuan kepada teman atau orang yang masuk angina
3. mampu mendemonstrasikan dalam menangani orang yang ayang-anyangen












A. Masuk Angin
Masuk angin adalah penyakit yang tidak berbahaya, akan tetapi bila sudah parah, virus mudah masuk tubuh. Masuk angin kadang disebut juga influiza(commmond cold). Dalam kehidupan sehari-hari hampir setiap orang pernah mengalami sakit masuk angin.
Di Eropa ketika orang menglami gejala masuk angin seperti pegal linu, perut kembung, batuk pilek, pusing-pusing, sakit kepala, demam, meriang dan lain-lain dengan memakan sup panas, minum obat flu yang biasa ditemukan di toko-toko, lalu tidur berbungkus selimut.
Metode orang eropa ternyata sama dengan budaya Jawa, yaitu menyembuhkan masuk angik dengan minum teh panas, ”wedang jahe”, tubuhnya dibalur dengan minyak telon atau kayu putih dan yang semisalnya. Dari berbagai macam makanan tadi berfungsi sebagai obat dan pencegah masuk angin.
Dalam keadaan mendesak, ada bebarapa hal yang bisa di lakukan, antara lain adalah menggunakan bahan-bahan alami yang hidup disekitar kita.
Berikut ini beberapa resep alami untuk menyembuhkan obat masuk angin:
1. Kerokan, kerokan adalah pengobatan alami yang dijadikana obat orang tua kita secara turun menurun. Kerokan memang dipandang obat yang mujarab oleh sebagian orang. Kerokan adalah memberikan rangsangan lewat kulit tubuh bagian luar, dengan menggunkan uang logam, koin, atau alat khusus. Ada yang bilang bahwa kerokan dapat melebarkan pori-pori. Ungkapan ini tidak benar, memang benar ketika kerokan pori-pori terbuka, akan tetapi bukan berarti melebarkan poro-poro, sehingga orang yang habis kerokan tidak boleh langsung mandi, tapi sebaiknya segera dibasuh dengan air hangat. Kerokan walaupun alami ternyata ada efek sampingnya, yaitu ketagihan. Sehingga, orang yang sudah pernah kerokan tidak akan puas jika belum kerokan.

2. Dengan obat-obat masuk angin baik obat yang tersedia di toko-toko membuat dengan ramuan herbal atau jamu.

b. lima batang sambiloto(akar, batang, daun mbunga dan buahnya) direbus denga 3 gelas air hingga setengahnya. Biarkan hinggga agak dingin lalu saring.
c. ¼ sendok teh bubuk jahe kering dilarutkan dalam ½ cangkir air panas diminum 2kali sehari pada pagi dan siang.
Beberapa resep di atas dapat dicoba jika kalian mengalami masuk angin. Selain istirahat yang cukup sangat membantu untuk kesembuhan, selain berdoa pada Allah ta’ala.

B. Tersedak

Siapa pun pasti pernah mengalami tersedak. Namun, sebagian orang justru kurang paham cara menanganinya. Seseorang tersedak bila jalan pernapasan atau tenggorokan tersumbat. Situasi ini memerlukan tindakan pertolongan pertama untuk mencegah pingsan atau kematian. Tersedak, sakit jantung, atau kondisi tertentu dapat menyebabkan sirkulasi jantung dan pernapasan terhenti.
Berikut beberapa hal yang dapat membantu Anda untuk mengenali faktor pemicu gangguan tersedak:
1. Tersedak akibat tidak sempurna mengunyah makanan, yang tersangkut di tenggorokan atau saluran pernapasan. Makanan padat seperti daging sering menjadi penyebabnya.
2. Umumnya orang tersedak saat mengunyah makanan sambil berbicara.
Gigi palsu juga merupakan salah satu penyebab orang tersedak. Gigi palsu tak mungin bisa mengunyah makanan sebaik gigi asli karena gigi palsu kurang memberi tekanan pengunyahan.
3. Orang yang tersedak biasanya panik. Wajahnya terlihat ketakutan. Awalnya wajahnya tampak kemerahan, kedua matanya melotot, dan napasnya tersengal-sengal. Apabila makanan “salah masuk”, dengan batuk berkali-kali secara refleks hal tersebut akan teratasi. Yang pasti, seseorang tidak tersedak bila ia dapat batuk dengan leluasa, warna kulit tidak berubah dan masih mampu berbicara. Sebalinya, bila batuknya terdengar seperti tertahan dan kulit wajahnya menjadi biru, ada kemungkinan ia tersedak.
4. Kalau ragu-ragu, tanyakan langsung apakah dia mampu berbicara. Apabila bisa, berarti saluran pernapasannya tidak sepenuhnya tersumbat dan oksigen dapat mencapai paru-paru. Sebaliknya, orang yang tersedak tidak mampu berbicara, hanya menggerak-gerakkan tangan.
Ciri umum orang tersedak adalah tangan memegangi tenggorokan dengan kuat, ibu jari dan jari-jari direntangkan. Orang yang bersikap seperti itu membutuhkan penanganan darurat (Manuver Heimlich) dan tidak boleh ditinggalkan.
Cara menangani
Banyak cara untuk mengatasu gangguan tersedak, satu diantaranya adalah Manuver Heimlich. Cara ini digunakan untuk mengeluarkan suatu benda dari saluran pernapasan orang yang tersedak. Anda dapat mempraktikkan metode ini baik pada diri maupun pada orang lain. Berikut langkah-langkahnya:
1. Berdirilah di belakang orang yang tersedak, lingkarkan kedua tangan Anda ke pinggangnya. Bungkukkan orang itu sedikit ke depan.
2. Kepalkan salah satu tangan Anda dan taruh di bagian atas pusar korban.
3. Pegang erat-erat kepalan Anda itu dengan tangan lain dan tekan kuat sambil mendorong cepat ke atas.
4. Ulangi tindakan ini sampai benda yang menghambat itu keluar dari saluran udara korban.
Kemudian bila harus melakukan tindakan ini pada diri sendiri:
1. Kepalkan salah sati tangan Anda, letakkan sedikit di atas pusar.
2. Pegang kepalan tangan Anda itu dengan tangan yang lain lalu tekan kuat-kuat ke arah atas sampai benda itu keluar.
3. Anda juga bisa melakukan ini dengan bantuan dari sandaran sebuah kursi, tapi cara ini kurang dianjurkan. Lebih baik Anda minta bantuan orang lain.


KOMPAS

Jasadiyah
Standar kompetensi
Siswa mampu menggunakan kompas dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi dasar
Ø Mempraktekkan cara menggunakan kompas dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
1. siswa mampu menyebutkan fungsi dari kompas
2. siwa mamapu menyebutkan bagian-baian kompas.
3. siswa mampu menentukan arah mata angina dengan kompas











A. Mengenal kompas
Kompas adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menetapkan atau menunjukkan arah mata angin. Seorang kepanduan Islam, pecinta alam, pelaut, pilot, pengembara/ musafir dan ahli berkemah harus mengetahui benar tentang kompas. Fungsi agar berjalam sesuai dengan peta, tidak tersesat ketika melakukan penjelajahan.













Bagian-bagian penting kompas:
1. dial, adalah permukaan kompas di mana tertera angka derajat dan huruf mata angin.
2. visir, adalah lubang dengan kawat halus untuk membidik sasaran.
3. kaca pembesar, dugunakan untuk melihat derajat kompas.
4. jarum penunjuk, adalah alat yang menunjuk magnet utara.
5. tutup dial dengan dua garis bersudut 45° yang dapat diputar.
6. alat penyangkut adalah tempat ibu jari untuk menopang kompas.

B. Cara Menggunakan Kompas
Letakkan kompas di atas permukaan tanah yang datar, setelah jarum kompas tidak bergerak, jaru kompat sersebut menunjukkan arah utara magnet, bidik sasaram melalui visir/ celah pada kaca pembesar, mringkan kaca pembesar kira-kira bersudut 50° dengan kaca.
Kaca pembesar berfungsi sebagai:
Ø Membidik ke arah visir, membidik sasaran.
Ø Mengintai derajat kompas pada dial
Ø Jika visir diragukan kareana kurang jelas terlihat dari kaca pembesar, luruskan garis yang terdapat pada tutup dia ke arah visir, searah dengan sasaran bidik agar mudah terlihat melalui kaca pembesar.
Ø Di tempat itu kita melambung(keluar dari rute) dengan tidak kehilangan jalurmenuju 30°
Ø Sebelum bergerak ke arah sasaran bidik, perlu ditetapkan dulu sasaran balik agar kita dapat kembali ke pangkalan bila tersesat dalam perjalanan.
C. Cara melihat kompas dan membidik sasaran
Rumus back azimuth/ back reading:
1. Apabila sasaran kurang dari 180°= ditambah 180° atau dengan rumus: 0°-180° = X + 180
2. apabila sasaran lebih dari 180° = dikurangi 180°
atau dengan rumus 180°-360 = X-180
contoh:
30° sasaran balik adalah 30°+180° = 210°
240 sasaran baliknya adalah 240°-180°= 60°
65 sasarab baliknya 65+180 =245°


D. Mata angin
U : utara : 0° atau 360°
TL : timur laut : 45°
T : timur : 90°
TG : tenggara : 135°
S : selatan : 180°
BD : barat daya : 225°
B : barat : 270°
BL : Barat laut : 315°
Menentukan arah tidak selamanya dengan kompas. Sesunguhnya Allah sudah memberikan sarana alami dan pasti kebenarannya. Adapun cara untuk mengetahui arah tanpa kompas yaitu dengan melihat makam(karena jika di Indonesia makam pasti membujur ke utara), masjid, pucuk ujung daun, tempat matahari tenggelam dan terbit, dan lain sebagainya.

E. Tugas dan portovolio







KEPANDUAN ISLAM DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT

Standar Kompetensi
Siswa dapat mampu bermasyarakat dengan baik
Kompetensi dasar
Siswa dapat berinteraksi dengan masyarakat dan lingkungan denan baik
Indicator
Ø Siswa mampu mempraktekkan adab denga orang yang lebih tua
Ø Sisa dapat merawat tumbuhan di sekitar lokasi perkemahan dengan baik.










Setelah kita belajar sudah banyak ilmu yang kita serap dan kita dapatkan. Akan tetapi seberapa banyak yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai seorang muslim kita harus dapat berinteraksi dengan masyarakt sekitar dengan adab-adab islami. Selain itu, dalam setiap bertingkah laku dan berturu sapa harus ikhlas karena Allah ta’ala, bukan mengharap pujian dari guru, teman, orang tua dan sebagainya. Karena jika amal yang baik disertai niat yang ikhlas karena Allah, maka amal itu akan diberi pahala Allah ta’ala di akherat kelak.

A. Dalam lingkungan keluarga
Pada umunya setiap orang memiliki kelurga. Ada yang mempunyai keluarga yang besar akan tetapi adapula yang mempunyai anggota keluarga yang kecil. Akan tetapi, semua itu harus disyukuri, karena jika tidak bersyukur kita akan termasuk orang-orang yang kufur nikmat.
Dalam hidup berkeluarga tidak selamanya lancar, kadang kala ada masalah yang muncul. Mungkin adik atau kakan nakal hingga membuat kita jengkel, semua itu harus disikapi dengan baik dan jangan sampai apa yang kita lakukan justru menjadikan masalah semakin keruh dan runyam. Oleh karena itu sikap saling memaafkan dan saling memahami antar anggota keluarga harus dijaga. Agar keluarga menjadi keluarga yang dicintai Allah.
Demikian pula hubungan dengan kedua orang tua. Ibu adalah orang yang melahirkan kita, bapak adalah orang yang telah mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Karena jasa-jasa orang tua itu Allah memerintahkan kepada kita untuk berbuat baik kepada keduanya. Selain itu, kita dilarang mengatakan sesuatu yang menyakiti hati keduanya, seperti ucapan, ”ah, cis, ih” dan kata-kata lain yang masing-masing daerah kadang tidak sama.
sikap hormat selain kepada orang tua kita juga harus kita berikan kepada kakek, nenek dan orang yang lebih tua, baik yang termasuk anggota keluarga maupun tidak, baik yang ternmasuk mahrom ataupun tidak.
Sebagian anggota kepanduan Islam harus bersedia bekerja keras, suka membantu pekerjaan orang tua. seperti mencuci pakaian sendiri, mencuci piring, mengepel lantai, menyapu lantai dan halaman. Hal itu dikerjakan tanpa perasaan marah ngomel(jawa; ngrundel) atua sambil menampakkan muka masam. Itu semua harus ditinggalkan karena dapat membuat pekerjaan kita sia-sia.
Contoh lain, ketika liburan, anggota Kepanduan Islam mengajak anggota keluarga untuk kerja bakti memebersihkan lingkungan rumah. Kegiatan mulai dari memberihkan taman-taman, sudut-sudut rumah, hinngga dapur, semuanya harus dibersihkan secara bersama-sama. Membersihkan dengan cara kerja bakti, selain terasa ringan juga menjadikan hati menjadi senang.

B. Dalam lingkungan masyarakat
Seorang anggota kepanduan islam harus aktif dalam kegiatan-kegiatan masyarakat. Dengan begitu ilmu yang didapatkan selama mengikuti kepanduan bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Karang taruna contohnya, organisasi ini biasanya terdiri dari remaja dan anak muda desa, karang taruna merupakan organisasi kelompok orang yang aktif dan bersemangat dalam pembangunan daerah rersebut.
Dalam kegitan karang taruna banyak yang dapat kita ambil manfaatnya. Selain itu dalam kegiatan ini seharusnya kita menjadi penggerak kegiatan. Seandainya tidak mampu paling tidak menjadi orang yang aktif dan dapat berperan aktif dalam setiap kegiatan karang taruna.
Selain itu, anggota kepanduan islam dapat menanamkan sikap dan kebiasaan untuk menjaga kebersihan dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Dengan begitu ia telah menjadi contoh yang baik bagi masyarakat sekitarnya. Dengan rasa kesadaran dan kependulian yang tinggi pada lingkungan tempat tinggalnya.
Banyak hal yang dapat dilakukan anggota kepanduan Islam dalam masyarakat baik pura maupum putri. Sehingga dengan semakin banyak kegiatan dalam masyarakat maka semakin kepanduan islam di kenal di masyarakat dan mendapat respon yang positif dalam masyarakat Indonesia.

C. Portovolio





MUSYAWARAH

Standar Kompetensi
Siswa dapat menerapka kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi dasar
Kemampuan menerapkan kedisiplinan, ketaatan, dan kepemimpinan dalm segala kondisi dan memiliki pengetahuan tentang nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Indicator
Ø Siswa mampu membentuk organisasi sendiri
Ø Siswa mampu menentuka ketua dan wakil dengan waktu tertentu..













A. Muaysarah
Musyawarah berasal dari kata syawara-yusyawiru yang berarti saling memberi dan meminta nasihat atau saran. Dari kata kerja itu juga muncul arti mengambil madu dari sarang lebah. Dengan demikian, esensi musyawarah adalah proses pengambilan keputusan yang terbaik tentang suatu masalah. Musyawarah sangat dibutuhkan ketika menghadapi masalah rumit. Keputusan yang merupakan hasil musyawarah akan memberikan keuntungan bagi banyak pihak karena telah melewati proses tukar pendapat dan saran antarperserta musyawarah. Musyawarah hendaknya dijadikan kebiasaan sebelum menetapkan keputusan. Hal ini agar setiap keputusan tidak berakhir dengan penyesalan dan semaksimal mungkin dapat memenuhi keinginan orang banyak.
Musyawarah berbeda dengan demokrasi. Karena demokrasi semua orang berhak berbicara dan ikut. Akan tetapi musyawarrah yang boleh ikut adalah orang-orang pilihan dan mempunyai kemampuan dalam permasalahan tersebut. Sehigga tidak semua orang dapat menjadi menjadi anggota musyawarah.
Rasulullah SAW menjadikan musyawarah sebagai awal dari setiap proses pengambilan keputusan. Beliau tidak pernah malu meminta nasihat atau saran kepada sahabatnya tentang suatu masalah. Bahkan, musyawarah merupakan salah satu kunci sukses kepemimpinan beliau. Allah SWT berfirman,
''Maka disebabkan rahmat dari Allahlah kamu berlaku lemah lembut kepada mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berlaku kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu, maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.'' (QS Al Baqarah: 159)

Dalam bermusyawarah, setiap orang harus menjunjung etika, menghargai pendapat orang lain, mengakui kelemahan diri sendiri, dan mengakui kelebihan orang lain. Orang yang bermusyawarah harus mampu menahan diri dari sikap ingin menang sendiri. Pertukaran pendapat dan argumentasi dalam musyawarah hanya dimaksudkan untuk meraih kebaikan. Karenanya, tidak ada kelompok yang kalah atau menang. Kemenangan adalah ketika keputusan terbaik telah dihasilkan oleh musyawarah. Di sinilah pentingnya pemahaman setiap peserta terhadap fungsi dan manfat musyawarah yang lebih mengedepankan sikap saling pengertian daripada perdebatan yang berkepanjangan.

dalam mengikuti musyarah harus harus menjaga rasa ukhwah yang kuat. Sehigga walaupun berbeda pendapat akan tetap saling menyayangi, menghormati dan tidak sakit hati jika usul kita tidak diterima.








B. Portovolio
1. Buatlah kelompok dengan anggota setiap kelompok terdiri dari 5-10 anak
2. dalam hitungan 15 menit, setelah terbentuk regu buatlah yel-yel yang dapat menambah semangat anaki-anak.
3. setelah itu anak-anak diperintahkan untuk menlaksanakan tugas yang lain.

































RAMBU-RAMBU LALU LINTAS

Standar Kompetensi
Siswa dapat menerapka kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi dasar
Kemampuan memahami kode-kode dan rambu-rambu lalu lintas
Indikator
Ø Siswa dapat menyebutkan 5 macam ranmbu-rambu lalu lintas
Ø Siswa dapat berinteraksi mempraktekkan tertib lalu lintas dengna baik dan benar
Ø Siswa dapat mempraktekkan gerakan sederhana dalam mengatur lalu lintas.













A. Tertib dalam Berlalulintas
Hingga akhit tahun lalu (sampai Oktober) saja polisi mencatat terjadi 34.855 pelanggaran. Dengan pelanggar terbanyak adalah kendaraan pribadi, yaitu 26.974 pelanggaran. Sementara itu di sisi lain, presentase kecelakaan yang terjadi akibat pelanggaran lalulintas menjadi penyebab utamanya. Menurut kamus Wikipedia rambu lalu lintas adalah salah satu alat perlengkapan jalan dalam bentuk tertentu yang memuat lambang, huruf, angka, kalimat dan/atau perpaduan di antaranya, yang digunakan untuk memberikan peringatan, larangan, perintah dan petunjuk bagi pemakai jalan.
Agar rambu dapat terlihat baik siang ataupun malam atau pada waktu hujan maka bahan harus terbuat dari material yang reflektif (memantulkan cahaya), sehingga pengendara akan selalu di pandu dalam perjalanan. Rambu-rambu lalu lintas di kelompokkan menjadi beberapa bagian berdasarkan jenis pesan, fungsi, tempat dan lain sebagainya.
Menurut Peraturan Pemerintah (PP) No.43 Tahun 1993 pengelompokan rambu-rambu lalu lintas dibagi menjadi lima jenis, yaitu rambu peringatan, rambu petunjuk, rambu larangan, rambu perintah, dan rambu darurat.
Rambu peringatan adalah rambu yang memperingatkan adanya bahaya agar para pengemudi berhati-hati dalam menjalankan kendaraannya seperti misalnya rambu yang menunjukkan adanya lintasan kereta api atau adanya persimpangan berbahaya bagi para pengemudi. Biasanya rambu jenis ini memiliki warna dasar kuning dengan list hitam.
Sementara itu rambu petunjuk adalah rambu yang memberikan petunjuk atau keterangan kepada pengemudi atau pemakai jalan lainnya, tentang arah yang harus ditempuh atau letak kota yang akan dituju lengkap dengan nama dan arah letak itu berada. Rambu ini biasa kita lihat dengan warna dasar hijau dan tulisan warna putih.
Rambu ketiga adalah rambu larangan. Rambu ini untuk melarang semua jenis lalu lintas atau tertentu untuk memakai jalan, jurusan, atau tempat-tempat tertentu seperti misalnya rambu dilarang berhenti, kendaraan harus lewat jalur tertentu, atau semua kendaraan dilarang lewat. Warna dasar yang digunakan adalah merah dengan gambar atau tulisan putih.
Rambu selanjutnya adalah rambu perintah. Rambu ini mempunyai fungsi untuk memerintah semua jenis lalu lintas atau tertentu untuk memakai jalan, jurusan, atau tempat-tempat tertentu seperti misalnya rambu perintah stop, beri kesempatan, atau wajib mengitari bundaran. Biasanya rambu ini diberi warna dasar biru atau merah dengan warna gambar atau tulisan putih.
Rambu terakhir adalah rambu darurat. Rambu ini adalah rambu-rambu yang dipasang guna memberikan info kepada pengendara yang melintas, biasanya hanya di beri tulisan cat dengan seadanya atau ranting-ranting pohon (biasanya untuk memberi peringatan ada lubang).
Jadi, mulai dari sekarang marilah kita menaati rambu-rambu lalu lintas. Sayangi nyawa dan keluarga anda.

B. Tanda-tanda lalu lintas.

Dalam

















































C. Portovolio
1. Sebutkan 5 tanda-tanda lalu lintas dari rumah kalian hingga sekolah!
2. Apakah ada yang sama antara satu dengan yang lain?
3. Ketika kamu berangkat dari rumah hingga sekolah akan menemukan rabmu-rambu lalu lintas berikut. Hitung jumlahnya:
Ø trafic laight :
Ø zebra cross :
Ø Pos polisi :
Ø Tanda-tanda lalu lintas yang ada:
4. Apakah yang kamu lakukan ketika menghadapi keadaan berikut:
Ø Melihat orang buta yang akan menyeberang jalan, padahal jalan sedang ramai.
Ø Melihat orang-orang mengamen di jalan atau di bis.
Ø
5. tulis pengalaman kamu atau saudaramu ketika melakukan perjalanan dari berangkat hingga pulang!

GAME


















SANDI


Standar Kompetensi
Siswa dapat menguasai beberapa sandi
Kompetensi dasar
Kemampuan menggunakan sandi
Indikator
Ø Siswa dapat menyebutkan 5 sandi dengan benar
Ø Siswa dapat menggunakan satu sandi dengan benar














Ketika orang dalam perang setiap pasukan harus berhati-hati, apalagi ketika mengirim informasi kepada teman yang ada di tempat yang berbeda lokasi. Oleh karena itu dibutuhkan kata-kata khusus yang tidak difahami kecuali oleh orang yang berhak menerima. Dalam surat yang ditulis dengan kata sandi sangat rumit dan tidak dibaca kecuali sudah ketemu kunci cara membaca.
Manfaat dari kata sandi adalah terjaganya rahasia dari orang-orang yang tidak mempunyai kepentingan, atau agar rahasia yang informasi yang ada dalam surat tidak dietahui orang lain. Sandi sebetulnya banyak macam dan ragamnya., hanya saja tidak semua kita ketahui. Oleh karena, kita akan memperlajari beberapa sandi yang biasa digunakan dalam kepanduan.
1. Sandi Arab.
Sandi arab adalah sandi yang kuci dalam membacanya dari sampin kanan. Contoh: ISAN NAKAM dibaca MAKAN NASI
2. sandi Hujan.
Dibaca dari atas
3. sandi asap .
dibaca dari bawah.
4. sandi air.
Cara adalah dengan kertas ditulisi dengan air jeruk, setelah kering kertas akan nampak bersih tanpa tulisan dan coretan. Ketika ingin membaca kertas dicelupkan air.
5. sandi geser
cara : jika posiotif ke kanan dan jika negatif ke kiri
kunc i: untuk membuka masjid al Muharrom harus memutar nomor 3+3-2
soal : A I M M A I N B R U A N G
jawab : ?
6. sandi lompat
cara : huruf yang dipakai hanya yang tepat pada lompatan
kumci : ketika berangkat ke masjid Ahmad melompat tiga kali
soal : M A S J A U H A J U J U R A D I L
Jawab : ?
7. sandi tengah
cara : jawaban adalah huruf tengah saja
kunci : sebaik-sebaiknya perkata adalah yang paling tengah
soal : JAMAN KERATON SAKKA DELAPAN BUHUL
jawab : ?
8. sandi Akhir
cara : untuk membaca bacalah huruf terakhir
kunci : amal seseorang tergantun pada akhirnya
soal : farah temui derajat guru pengajian sedang menghafal lima majalah sisi kanan ini.
Jawab : ?












PENCEMARAN LINGKUNGAN


Standar Kompetensi
Lingkungan hidup dan pencegahan dari kerusakan
Kompetensi dasar
Siswa dapat menerangkan penyebab terjadinya kerusakan lingkungan hidup
Indikator
Ø Siswa dapat menyebutkan gejala atau tanda-tanda kerusakan pada lingkungan
Ø Siswa dapat menyebutkan cara mengurangi kerusakan lingkungan













Pencemaran lingkungan merupakan masalah kita bersama, yang semakin penting untuk diselesaikan, karena menyangkut keselamatan, kesehatan, dan kehidupan kita. Siapapun bisa berperan serta dalam menyelesaikan masalah pencemaran lingkungan ini, termasuk kita. Dimulai dari lingkungan yang terkecil, diri kita sendiri, sampai ke lingkungan yang lebih luas.
Permasalahan pencemaran lingkungan yang harus segera kita atasi bersama diantaranya pencemaran air tanah dan sungai, pencemaran udara perkotaan, kontaminasi tanah oleh sampah, hujan asam, perubahan iklim global, penipisan lapisan ozon, kontaminasi zat radioaktif, dan sebagainya.
Untuk menyelesaikan masalah pencemaran lingkungan ini, tentunya kita harus mengetahui sumber pencemar, bagaimana proses pencemaran itu terjadi, dan bagaimana langkah penyelesaian pencemaran lingkungan itu sendiri.
A. Sumber Pencemar
Pencemar datang dari berbagai sumber dan memasuki udara, air dan tanah dengan berbagai cara. Pencemar udara terutama datang dari kendaraan bermotor, industi, dan pembakaran sampah. Pencemar udara dapat pula berasal dari aktivitas gunung berapi.
Pencemaran sungai dan air tanah terutama dari kegiatan domestik, industri, dan pertanian. Limbah cair domestik terutama berupa BOD, COD, dan zat organik. Limbah cair industri menghasilkan BOD, COD, zat organik, dan berbagai pencemar beracun. Limbah cair dari kegiatan pertanian terutama berupa nitrat dan fosfat.
B. Proses Pencemaran
Proses pencemaran dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung yaitu bahan pencemar tersebut langsung berdampak meracuni sehingga mengganggu kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan atau mengganggu keseimbangan ekologis baik air, udara maupun tanah. Proses tidak langsung, yaitu beberapa zat kimia bereaksi di udara, air maupun tanah, sehingga menyebabkan pencemaran.
Pencemar ada yang langsung terasa dampaknya, misalnya berupa gangguan kesehatan langsung (penyakit akut), atau akan dirasakan setelah jangka waktu tertentu (penyakit kronis). Sebenarnya alam memiliki kemampuan sendiri untuk mengatasi pencemaran (self recovery), namun alam memiliki keterbatasan. Setelah batas itu terlampaui, maka pencemar akan berada di alam secara tetap atau terakumulasi dan kemudian berdampak pada manusia, material, hewan, tumbuhan dan ekosistem.

C. Langkah Penyelesaian
Penyelesaian masalah pencemaran terdiri dari langkah pencegahan dan pengendalian. Langkah pencegahan pada prinsipnya mengurangi pencemar dari sumbernya untuk mencegah dampak lingkungan yang lebih berat. Di lingkungan yang terdekat, misalnya dengan mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan, menggunakan kembali (reuse) dan daur ulang (recycle).
Di bidang industri misalnya dengan mengurangi jumlah air yang dipakai, mengurangi jumlah limbah, dan mengurangi keberadaan zat kimia PBT (Persistent, Bioaccumulative, and Toxic), dan berangsur-angsur menggantinya dengan Green Chemistry. Green chemistry merupakan segala produk dan proses kimia yang mengurangi atau menghilangkan zat berbahaya.
Tindakan pencegahan dapat pula dilakukan dengan mengganti alat-alat rumah tangga, atau bahan bakar kendaraan bermotor dengan bahan yang lebih ramah lingkungan. Pencegahan dapat pula dilakukan dengan kegiatan konservasi, penggunaan energi alternatif, penggunaan alat transportasi alternatif, dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development).
Langkah pengendalian sangat penting untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat. Pengendalian dapat berupa pembuatan standar baku mutu lingkungan, monitoring lingkungan dan penggunaan teknologi untuk mengatasi masalah lingkungan. Untuk permasalahan global seperti perubahan iklim, penipisan lapisan ozon, dan pemanasan global diperlukan kerjasama semua pihak antara satu negara dengan negara lain

D. Dampak Pencemaran Lingkungan Oleh Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun ( B3 )
Dewasa ini kesadaran akan lingkungan sudah meningkat. Masalah pencemaran sudah banyak menarik minat, mulai lapisan bawah sampai lapisan atas. Setiap pemerintah daerah mewajibkan pembuatan instalasi pengolahan limbah kepada pimpinan industri di daerahnya. bahkan sudah ada yang diajukan kepengadilan karena pelanggaran limbah ini.
Pembangunan yang dilakukan besar – besaran di Indonesia dapat meningkatkan kemakmuran namun disisi lain hal ini juga dapat membawa dampak negatif terhadap lingkungan hidup. contoh kasus yang paling hangat adalah kasus buyat di Sulawesi. Dampak yang diakibatkan dari pencemaran lingkungan yang disinyalir dari buangan proses sebuah industri pertambangan dimana mengakibatkan rusaknya ekosistem ( pencemaran terhadap ikan dan air ) serta mengakibatkan sejumlah penyakit dimasyarakat sekitar.
Jadi yang dimaksud dengan pencemaran lingkungan menurut UU. RI No. 4 tahun 1992 adalah masuknya / dimasukannya mahluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain kedalam lingkungan dan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas menurun sampai ketingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan jadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai peruntukannya. Adapun definisi pencemaran dibagi dalam tiga jenis :
1. Pencemaran air
Air dikatakan tercemar bilamana terjadi perubahan komposisi atau kondisi yang diakibatkan oleh adanya kegiatan atau hasil kegiatan manusia sehingga secara langsung maupun tidak langsung air menjadi tidak alyak atau kurang layak untuk semua fungsi atau tujuan pemanfaatan sebagaimana kewajaran air yang dalam keadaan alami.
Air yang tercemar tidak dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu kita harus mengetahui tanda-tanda air yang tercemar, tabda-tandanya adalah:
Ø Adanya perubahan suhu air
Ø Perubahan PH
Ø Perubahan warna, bau dan rasa
Ø Timbulnya endapan, koloidal, bahan pelarut
Ø Adanya mikroorganisme
Ø Meningkatnya radioaktivitas air lingkungan
Ø Dampak Pencemaran Air
Air yang telah tercemar dapat mengakibatkan kerugian terhadap manusia juga ekosistem yang ada didalam air. Keadaan ini disebabkan air tidak dapat digunakan lagi untuk keperluan rumah tangga, seperti hal ini diakibatkan oleh air sudah tercemar sehingga tidak bisa digunakan lagi apalagi air ini banyak manfaatnya seperti untuk diminum, mandi, memasak mencuci dan lain – lain. Selain itu, jika pencemarannya sudah parah air tidak dapat digunakan untuk keperluan industri, contoh air yang terkena minyak tidak dapat digunakan lagi sebagai solven atau sebagai air dalam proses industri kimia
Lebih parah lagi jika Air tidak dapat digunakan untuk keperluan pertanian, seperti untuk irigasi, pengairan sawah dan kolam perikanan. Apabila air sudah tercemar oleh senyawaan organik dapat mengakibatkan perubahan drastis pada PH air. Air yang bersifat terlalu asam atau basa akan mematikan tanaman dan hewan air, selain itu air yang tercemar oleh limbah B3 menyebabkan banyak ikan mati dan pada manusia timbul penyakit kulit ( rasa gatal ).
2. Pencemaran Udara
Yaitu masuknya substansi atau kombinasi dari berbagai substansi kedalam udara yang mengakibatkan gangguan terhadap kesehatan manusia atau bentuk kehidupan yang lebih rendah; bersifat menyerang dan atau merugikan bagian luar atau dalam tubuh manusia atau karena keberadaannya baik secara langsung maupun tidak langsung menimbulkan pengaruh buruk terhadap kesejahteraan manusia.
Pencemaran udara banyak disebabkan dibangunnya pabrik di perkotaan, banyaknya kendaraan bermotor. Asap dapat mengakibatkan polusi udara sehingga menganggu kenyamanan bagi para pemakai jalan. Apabila udara telah tercemar maka akan menimbulkan penyakit seperti sesak napas.
3. Pencemaran Tanah
Yaitu perubahan fisik maupun kimiawi tanah yang dapat mengakibatkan menurunnya daya guna atau berkurangnya kemampuan daya dukung tanah, bila digunakan tanpa pengolahan lebih dahulu.
Tanah yang telah tercemar oleh bahan pencemar seperti senyawa karbonat maka tanah tersebut akan menjadi asam, H2S yang bersama CO membentuk senyawa beracun didalam tanah sehingga cacing penggembur tanah mati.
Kekhawatiran manusia atas masalah lingkungan mulai tampak. Dampak limbah B3 terhadap lingkungan fisik dapat mengurangi kualitas dan kenyamanan hidup manusia. Untuk membantu masalah lingkungan yang disebabkan oleh limbah B3 diperlukan upaya pencegahan dan penanganan limbah yang berasal dari industri, sehingga lingkungan fisik yang bersih dan nyaman dapat terwujud.
Melihat berbagai dampak pencemaran diatas maka dapat diketahui bahwa dampak yang timbul akibat pencemaran lingkungan tidak hanya berpengaruh terhadap lingkungan saja, akan tetapi berakibat dan berpengaruh terhadap kehidupan tanaman, hewan dan juga manusia. Kalau lingkungan telah tercemar sudah barang tentu tanaman yang tumbuh dilingkungan tersebut akan ikut tercemar demikian pula dengan hewan dan manusia.
PORTOVOLIO
1. Lakukan perjalanan disekitar sekolah! Kemudian buatlah peta perjalanan dari rute yang kamu lewati!
2. perhatikanlah berbagai hal yang kamu ketahui lalu isilah tabel di bawah ini!

No Jenis air warna bau Tumbuhan yang hidup Makhluk yang hidup
1 Sawah
2 Coberan
3 Sungai
4 Got
5 Irigasi
6 ...
7 ...
8 ...
9 ...
10 ...



3. setelah kamu melihat kerusakan lingkungan(air/ udara/ tanah), apakah yang akan kamu lakukan untuk menjaga lingkungan agar tetap terjaga?
4. sebutkan 3 pencemaran yang ada di kotamu dan penyebabnya?
5. sebutkan 2 kegiatan masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan!



ADAB-ADAB SESAMA MUSLIM
Standar Kompetensi
adab-adab yang islami dalam kehidupan sehari-hari beserta pengetahuan tentang dalil-dalil yang berhubungan dengannya
Kompetensi dasar
Siswa dapat memparaktekkan adab-adab Islami beserta pengetahuan ilmu tentang adab-adab tersebut
Indikator
Ø Siswa dapat menghafal hadis-hadis tentang keutamaan salam
Ø Siswa dapat mengahafal hadis tentang senyum















Nikmat yang paling besar bagi seorang manusia adalah keimanan. Karena dengan keimanan menjadikan orang selamat dunia dan akherat. Sedangkan orang yang tidak beriman disebut kafir. Orang kafir di dunia akan mendapatkan jatahnya dan Allah tidak akan mendholimi mereka. Akan tetapi, di akherat kelak mereka akan menerima adzab dari Allah karena kekufuran mereka.
Hidup bermasyarakat kita dituntut untuk saling menghormati dan memberikan hak kepada semua makhluk hidup. Hak kepada hewan berbeda dengan hak kepada manusia. Demikian pula hak kepada kafir berbeda kepada sesama muslim. Pada bab ini kita akan mempelajari hak-hak sesama muslim. Hak-hak tersebut adalah:
1. mencintai mereka mereka karena Allah. Dalam Islam, setiap amal perbuatan harus diniatkan karena Allah ta’ala. Demikian pula dalam berteman, seorang harus mencintai saudaranya sesama muslim dan membeci orang kafir. Mengapa kita harus membenci orang kafir?. Jawabannya adalah karaena orang kafir dimurkai di benci Allah, oleh karena itu kita juga benci kepada mereka.
2. memberikan sesuatu yang dibutuhkan mereka. Tidak dipungkiri setiap kita tidak dapat hidup sendiri. Kadang kita butuh orang lain, sebaliknya kadang orang lain yang membutuhkan bantuan kita. Oleh karena itu jika ada muslim yang lupa harus kita ingatkan, jika mereka mereka sakit kita menengoknya, jika mereka sibuk kita bantu, jika dalam suatu majlis (acara) tempatnya sempit kita beri ia tempat agar leluasa.











ADAB SEHARI-HARI SEORANG MUSLIM


Standar Kompetensi
adab-adab yang islami dalam kehidupan sehari-hari beserta pengetahuan tentang dalil-dalil yang berhubungan dengannya
Kompetensi dasar
Siswa dapat memparaktekkan adab-adab Islami beserta pengetahuan ilmu tentang adab-adab tersebut
Indikator
Ø Siswa dapat mempraktekkan adab makan, minum dan berpakaian
Ø Siswa dapat menyebutan hadis adab makan dan minum
Ø Menyebutkan dua hal yang dilarang dalam berpakaian dan makan















A. Adab makan dan minum
Semua makhlun hidup membutuhkan makan dan minum, baik menusia, hewan, tumbuhan, bahkan kalangan jinpun membuthkan makan dan minum. Kebutuhan kepada makan semua manusia adalah sama, kecuali dari porsinya. Karena orang kafir makan lebih banyak dari muslimin.
Maha suci Allah yang telah memberikan pedoman dalam beraktifitas sehari-hari, dari bagaimana tidur, buang air kecil dan termasuk di dalamya adalah dalam masalah makan. Semua itu, jika dilakukan dengan mengharap ridlo Allah, maka Allah akan memberi pahala dan ganjaran atas perbuatan tersebut.
dalam atsar (bukan hadis nabi):
نَحْنُ قَوْمٌ لاَ نَأْكُلُ حَتَّى نَجُوْع وَ إِذَا أَكَلْنَا فَلاَ نَشْبَعْ
”Kami adalah kaum yang tidak makan kecuali jika lapar, dan jika makan tidak sampai kenyang”(Minhajul Muslim: 99)














Oleh karena itu setiap muslim hendaknya senantiasa menjaga adab-adab dalam kehidupan sehari-hari. Adapun adab-adab dalam makan adalah sebagai berikut:
1. Memulai makan dengan mengucapkan Bismillah.
Berdasarkan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Apabila salah seorang diantara kalian hendak makan, maka ucapkanlah: ‘Bismilah.’ Dan jika ia lupa untuk mengucapkan Bismillah di awal makan, maka hendaklah ia mengucapkan ‘Bismillahi Awwalahu wa Aakhirahu (dengan menyebut nama Allah di awal dan diakhirnya).’” (HR. Daud Dishohihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shohih Ibnu Majah: 3264)
2. Hendaknya mengakhiri makan dengan pujian kepada Allah.
Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Barangsiapa telah selesai makan hendaknya dia berdo’a: “Alhamdulillaahilladzi ath’amani hadza wa razaqqaniihi min ghairi haulin minni walaa quwwatin. Niscaya akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Daud, Hadits Hasan)
Yang artinya:
“Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan ini kepadaku dan yang telah memberi rizki kepadaku tanpa daya dan kekuatanku.”
3. Hendaknya makan dengan menggunakan tiga jari tangan kanan.
Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Sungguh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam makan dengan menggunakan tiga jari.” (HR. Muslim, HR. Daud)
4. Hendaknya menjilati jari jemarinya sebelum dicuci tangannya.
Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Apabila salah seorang diantara kalian telah selesai makan maka janganlah ia mengusap tangannya hingga ia menjilatinya atau minta dijilati (oleh Isterinya, anaknya).” (HR. Bukhari Muslim)
5. Apabila ada sesuatu dari makanan kita terjatuh, maka hendaknya dibersihkan bagian yang kotornya kemudian memakannya.
Berdasarkan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Apabila ada sesuap makanan dari salah seorang diantara kalian terjatuh, maka hendaklah dia membersihkan bagiannya yang kotor, kemudian memakannya dan jangan meninggalkannya untuk syaitan.” (HR. Muslim, Abu Daud)
6. Hendaknya tidak meniup pada makanan yang masih panas dan tidak memakannya hingga menjadi lebih dingin, hal ini berlaku pula pada minuman. Apabila hendak bernafas maka lakukanlah di luar gelas, dan ketika minum hendaknya menjadikan tiga kali tegukan.
Sebagaimana hadits dari Ibnu Abbas Radhiyallahu’anhu:
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melarang untuk menghirup udara di dalam gelas (ketika minum) dan meniup di dalamnya.” (HR. At Tirmidzi)
7. Hendaknya menghindarkan diri dari kenyang yang melampaui batas.
Berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Tidak ada bejana yang diisi oleh manusia yang lebih buruk dari perutnya, cukuplah baginya memakan beberapa suapan sekedar dapat menegakkan tulang punggungnya (memberikan tenaga), maka jika tidak mau, maka ia dapat memenuhi perutnya dengan sepertiga makanan, sepertiga minuman dan sepertiga lagi untuk bernafasnya.” (HR. Ahad, Ibnu Majah)
8. Makan memulai dengan yang letaknya terdekat kecuali bila macamnya berbeda maka boleh mengambil yang jauh.
Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Wahai anak muda, sebutkanlah Nama Allah (Bismillah), makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah dari apa-apa yang dekat denganmu.” (HR. Bukhari Muslim)
9. Hendaknya memulai makan dan minuman dalam suatu jamuan makan dengan mendahulukan (mempersilakan mengambil makanan terlebih dahulu) orang-orang yang lebih tua umurnya atau yang lebih memiliki derajat keutamaan.
10. Ketika makan hendaknya tidak melihat teman yang lain agar tidak terkesan mengawasi.
11. Hendaknya tidak melakukan sesuatu yang dalam pandangan manusia dianggap menjijikkan.
12. Jika makan bersama orang miskin, maka hendaklah kita mendahulukan mereka.

B. Adan berpakaian
Adalah istilah jawa yang terkenal, ”ajineng diri saka lati ajineng raga saka busana” (kemuliaan diri dari tutur kata, sedangkan kemulian badan karena pakaian). Terlepas dari ungkapan di atas jika perhatikan pakaian banyak fungsi dan manfaatnya. Seperti menjaga tubuh dari panas, dingin, menjaga dari gigitan binatang dan lain-lain.










Adapun adab-adab dalam Islam harus di perhatikan dan diamalkan karena bernilai ibadah disisi Allan. Adab-adab dalam berpakain adalah sebagai berikut:
1. baju yang dipakai hendaknya adalah dibeli dari barang yang halal. Dan menjauhkan diri dari pakaian yang subhat dan haram.
2. Hendaknya kaum laki-laki tidak memakai emas dan sutera. Akan tetapi tidak mengapa bagi perempuan.
3. Tidak memanjangkan celana dan sarungnya melebihi mata kaki. Karena dalam diriwayatkan oleh Abu Dawud, Rasul bersabda, ”apa yang ada dibawah mata kaki adalah di dalam neraka”. Dengan hadis ini sebaiknya kita berhati-hati dalam berpakaian
4. Mengutamakan warna putih, kareana itu lebih suci. Akan tetapi ini bukan batasan.-
5. Menutup aurat, dan bagi wanita hendaknya memakai baju hingga di bawah mata kaki.
6. Tidak mengapa seorang muslim memakai perhiasan akan tetapi dari perak atau besi.
7. dihramkan seorang laki-laki memakai baju perempuan dan perempuan memakai baju laki-laki..
8. dimulai dari tangan kanan ketika memakai baju, akan tetapi ketika melepas di mulai dari tangan kiri.
C. Portofolio
1. Apakah celana kamu masih isbal? Mengapa masih di bawah mata kaki?
2. apakah kamu sudah memakai jilbab ketika di rumah? Mengapa?













ADAB TERHADAP SESAMA MUSLIM


Standar Kompetensi
adab-adab yang islami dalam kehidupan sehari-hari beserta pengetahuan tentang dalil-dalil yang berhubungan dengannya
Kompetensi dasar
Siswa dapat memparaktekkan adab-adab Islami beserta pengetahuan ilmu tentang adab-adab tersebut
Indikator
Ø Siswa dapat mempraktekkan adab-adab sesame muslim
Ø Siswa dapat menyebutan hadis salam













Seorang muslim dengan muslim lainnya adalah saudara, persaudaraan yang dipersatukan oleh ikatan akidah. Kehidupan para sahabat telah menunjukkan betapa kuat ikatan ini, kehidupan yang penuh dengan cerita indah tentang keikhlasan dalam berbagi dan saling mencintai. Betapa jauh dengan realitas kita saat ini yang lebih banyak dipenuhi oleh aroma individu dan jauh dari nilai-nilai ukhuwah. Padahal, sesama muslim memiliki hak yang harus kita penuhi dan kita tunaiakan.







Berikut hak-hak sesama muslim sebagaimana yang disebutkan oleh Ibnu Qudamah dalam Minhajul Qashidin:
1. Engkau mengucapkan salam kepadanya saat bertemu,memenuhi undangannya, menjawab bersinnya, menjenguknya jika sakit, menghadiri jenazahnya saat meninggal dunia, memberikan bagiannya, memberinya nasihat jika dia meminta nasihat, menjaga dirinya saat dia berjauhan, mencintai bagi dirinya apa yang engkau cintai bagi dirimu, membenci bagi dirinya apa yang engkau benci bagi dirimu. Semua perkara ini banyak disebutkan dalam atsar.
2. Engkau tidak boleh menyakiti seorang muslim, dengan perkataan atau perbuatan, bertawadhu' kepada sesama muslim, tidak menyombongkan diri di hadapannya, tidak menggunjing orang lain di hadapannya dan tidak mendengarkan gunjingannya.
3. Jangan menghindarinya lebih dari tiga hari..
4. Berbuat baik kepada siapa pun orang muslim menurut kesanggupannya, tidak memasuki tempat tinggalnya kecuali setelah perkenannya dan meminta izin tiga kali sebelum masuk. Jika tidak ada jawaban, maka dia harus kembali.
5. Memperlakukan orang lain dengan akhlak yang baik dengan cara-cara tersendiri. Jika bertemu orang bodoh, maka dia perlu diberi ilmu. Jika bertemu orang yang suka bercanda, dia harus diberi pengertian. Jika bertemu orang yang lamban daya pikirnya, maka dia diberi penjelasan
6. Menghormati orang tua, menyayangi anak kecil, menghadapi siapa pun dengan wajah berseri, memenuhi janji, tidak mendatangkan kepadanya kecuali apa yang seperti dia sukai.
7. Lebih menghormati orang yang lebih terpandang.
8. Menciptakan perdamaian di antara manusia dan menutupi aib sesama muslim.
9. Memintakan bantuan untuk orang muslim yang memerlukan bantuan kepada orang yang berkedudukan, hingga kebutuhannya bisa terpenuhi.
10. Mengucapkan salam terlebih dahulu di hadapan orang lain sebelum membicarakan urusan apa pun sambil mengulurkan tangan untuk berjabat tangan. Diriwayatkan dari Anas Radhiyallahu Anhu, dari Nabi Shalallahu Alaihi wa Salam, beliau bersabda,
"Tidaklah dua orang muslim saling bertemu lalu salah seorang di antara keduanya menjabat tangan temannya, melainkan ada hak atas Allah Azza wa Jalla untuk mengabulkan doa mereka berdua dan tangan mereka berdua tidak terlepas hingga Dia mengampuni mengampuni dosa mereka." (HR Ahmad dan Al-Bazzar)
إِنَّ أَوْلَى النَّاسِ مَنْ بَدَأَ بِالسَّلاََمِ(رواه مسلم)
“Sesungguhnya sebai-baiknya manusia adalah yang memulai dengan salam”
تَصَافَحُوْا ذَهَبَتْ غِلًّ عَنْ قُلُوْبِكُمْ(رواه البيهقي)
“Berjabatlah tangan kalian, niscaya akan hilang kedengkian dalam hati kalian”








Tidak ada salahnya mencium tangan orang yang lebih terpandang dalam agamanya atau saling berpelukan. Sedangkan memegang tali kekang hewan yang ditumpangi ulama karena hendak menghormatinya, juga pernah dilakukan Ibnu Abbas terhadap Zaid bin Tsabit. Berdiri untuk menyambut orang yang layak dihormati juga biak. Tapi membungkukkan badan termasuk perbuatan yang dilarang.
11. Menjaga dan kehormatan saudaranya sesama muslim, diri dan hartanya agar tidak dizhalimi orang lain, serta membelanya. Termasuk juga membela saudaranya apabila ada yang menzhalimi.
12. Menjenguk orang muslim yang sakit, dengan memperhatikan adab-adabnya, seperti meletakkan tangan di tempat yang sakit, menanyakan keadaannya, menunjukkan rasa belas kasihan, mendoakan kesembuhannya dan tidak memandang bagian-bagian yang tidak boleh dipandang.
Orang yang sakit sendiri dianjurkan untuk bertindak seperti riwayat Muslim dari Utsman bin Abul-Ash Radhiyallahu Anhu, bahwa dia mengadu kepada Rasulullah Shalallahu Alaihi wa sallam rasa sakit yang dideritanya semenjak dia masuk Islam. Maka beliau bersabda kepadanya,
"Letakkanlah tanganmu pada bagian yang sakit dari tubuhmu, lalu ucapkanlah, 'Bismillah', tiga kali, dan ucapkan tujuh kali, 'Aku berlindung dengan keperkasaan dan kekuasaan Allah dari kejahatan yang kudapatkan dan yang kuwaspadai." (HR Muslim)
Adab lain yang harus diperhatikan orang yang sakit ialah sabar, tidak banyak mengaduh dan mengeluh, banyak berdoa dan tawakal kepada Allah.
13. Menghadiri jenazah orang muslim yang meninggal dunia dan mengikutinya hingga ke kuburan. Maksud menghadiri jenazah ini ialah memenuhi hak orang-orang muslim dan sebagai pelajaran bagi mereka. Al-A'masy berkata, "Kami menghadiri jenazah, sementara kami tidak tahu kepada siapa kami harus mengucapkan bela sungkawa. Hal ini kami lakukan kaena duka semua orang atas kematiannya."
Sedangkan maksud ziarah kubur ialah berdoa bagi mereka yang sudah meninggal, mengambil i'tibar dan mendidik hati.
Adapun adab mengiring jenazah ialah berjalan dengan hati yang khusyu', tidak berbicara, memperhatikan mayit, memikirkan tentang kematian dan bersiap-siap untuk menghadapinya.

1 komentar:

  1. nice blog akhi.....slam kenal dan salam ukhuwah ya.... :-)

    BalasHapus